5 Tempat Asyik Untuk Belajar di Semarang

Jaman sekarang masih belajar di rumah? Nggak bosen tuh sama suasana yang gitu gitu aja? Yuk coba explore daerah Semarang yang asyik untuk kerja kelompok dan masih bisa bikin kamu tetap serius belajar meski tidak di rumah atau pun di sekolah!

1. Pusat Informasi Publik
Terletak di jalan pemuda, tempat ini sering digandrungi anak anak SMA untuk mengerjakan tugas kelompok karena letaknya yang strategis, yaitu berada di tengah kota. Selain menyediakan tempat yang nyaman karena ber-AC, luas serta terdapat meja dan kursi, di PIP Semarang ini juga tersedia layanan komputer serta internet yang super kencang lho! Kece banget nggak sih! Dan nggak cuma itu, di lantai dua PIP terdapat movie room yang dapat digunakan dengan meminta izin terlebih dahulu 3-4 hari sebelum dipakai.

unnamed
Ruang Studio Mini. Sumber : Pemkotsemarang-wordpress.com
images-1
Ruang diskusi dan rapat Sumber : Pemkotsemarang-wordpress.com
tumblr_inline_nladd70jey1qdgl6t
Ruang Belajar dan komputer. Sumber : dheota.tumblr.com

2. Perpustakaan dan Pusat Arsip Kota Semarang
Tak jauh dari PIP Semarang, perpustakaan kota yang terletak di depan kampus Udinus juga sering menjadi tempat untuk belajar. Berbeda dengan PIP, suasana di perpus kota ini lebih terasa tenang, karena pada umumnya biasanya anak anak kuliah atau sekolah yang benar benar Ingin belajar yang datang disini. Selain menyediakan berbagai buku buku yang dapat di pinjam untuk dibaca di rumah, perpus kota Semarang juga menyediakan fasilitas komputer dan internet. Kece nih buat yang mau belajar sambil cari cari jurnal, karena buku buku disini super lengkap!

20150410_111757
Ruang pemotretan untuk pembuatan kartu perpustakaan. Sumber : elmillafeebi.blogspot.com
20150410_102559
Ruang Belajar dan membaca. Sumber : elmillafeebi.blogspot.com

3. Perpustakaan Daerah Kota Semarang
Perpustakaan Daerah Kota Semarang berada di samping TBRS di jalan Sriwijaya. Seperti perpustakaan pada umumnya, perpusda kota Semarang menyediakan berbagai buku yang disusun secara rapi menurut kategori dan lengkap serta update! Di Perpusda sendiri juga menyediakan komputer serta mesin fotocopy. Apabila bosan membaca, di lantai satu Perpusda terdapat tempat bermain untuk anak anak yang asyik dan bisa membuat otak kembali fresh ketika jenuh belajar.

images-4
Gedung Perpusda Semarang. Sumber : seputarSemarang.com
images-5
Koleksi Buku di Perpustakaan Daerah. Sumber : HelloSemarang.com
h
Tempat Bermain di Perpusda Semarang. Sumber siskaastariidwi.blogspot.com

4. Cafe De Qiko
Ngerjain tugas di cafe emang paling enak. Selain bisa ditemenin secangkir kopi, teh atau cemilan, biasanya di cafe cafe juga sering diputar lagu lagu gitu. Yang special dari cafe De Qiko ini, selain menyediakan makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau, cafe ini juga menyediakan buku buku lho yang bisa untuk dibaca sembari menunggu makanan atau sekedar cari refrensi buat tugas! Asyik banget ga tuh, apalagi buku buku di cafe De Qiko ini lengkap dan update terbaru, mulai dari bacaan fiksi sampai non-fiksi semuanya ada!

p_20150327_120335
Cafe Deqiko. Sumber : http://www.dewirieka.com
p_20150327_120302
Taman belakang cafe Deqiko. Sumber : HelloSemarang.com
images-6
Ruang baca dan kumpulan buku cafe Deqiko. Sumber : http://www.dewirieka.com

5. Warkop PIP
Bergeser sedikit ke sebelah Pusat Informasi Publik, Warkop PIP menawarkan tempat nongkrong yang cozy dan nyaman untuk mengerjakan tugas yang gaperlu keseriusan yang tinggi. Selain diiringi musik dan terdapat wifi, seperti namanya, Warkop PIP juga menyediakan berbagai minuman dan makanan ringan dengan harga terjangkau. Jangan khawatir kepanasan, meski tidak ada ac, Warkop PIP menyediakan kipas angin besar dan terdapat pohon yang rindang. Warkop PIP juga buka sampai malam lho guys!

images
Warkop PIP pada malam hari. Sumber : berita Jateng.net

Gimana? Yuk coba belajar di luar rumah, sembari  menikmati fasilitas fasilitas yang sudah dipersiapkan dengan baik oleh Pemerintah dan beberapa wiraswasta!

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah

11 tanggapan untuk “5 Tempat Asyik Untuk Belajar di Semarang

  1. Aih… hati ini telah jatuh pada Semarang. Dan ternyata nggak cuma tempat mainnya yang aseek, mau nongkrong cerdas juga ada yah. Btw itu PIP keren banget. Full-internet pula

    Suka

  2. Makasih utk informasi yg cukup bagi saya utk cari tempat ngerjain tugas menyusun artikel dan lain2 dengan sambil ngopi sambil kdg2 stel live streaming TV berita2 nasional

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s