Kenapa Administrasi Bisnis UNDIP Masuknya ke FISIP?

Lah kenapa masuk FISIP? Bukannya harusnya FEB?

Halo teman teman semua! Post kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang “kenapa sih adbis masuknya FISIP kalau di UNDIP? Bukannya bisnis bisnis gitu FEB ya?” hehe. Kenapa nulis ini? Karena kemarin waktu Penyambutan Maba SNMPTN, kami para kakak pembimbing diberi tugas untuk memberi pencerdasan tentang jurusan Administrasi Bisnis dan salah satunya tentang alasan ini. Dan waktu saya mau menambah kecerdasan via google, belum menemukan banyak sumber ;(

Image_8f9584e
Bendera kebanggaan ADBIS UNDIP

Nah, jadi ini beberapa alasan kenapa Jurusan Administrasi Bisnis UNDIP masuk ke FISIP bukan FE

1. Seharusnya Masuk FIA

Ha? FIA? Apalagi tuh? Hahaha. Fakultas Ilmu Administrasi. Yak! Jadi kalau semisal kalian nih main ke Universitas Brawijaya atau Universitas Indonesia, di sinilah tempat seharusnya Administrasi Bisnis berada. Masuk ke FIA bersama jurusan-jurusan lain seperti Administrasi Negara atau pun Administrasi Publik. Sayangnya, Universitas Diponegoro belum memiliki FIA. Alhasil, masuklah Administrasi Bisnis ke FISIP bersama jurusan Administrasi Publik. Dan ternyata hal ini juga bukan hanya UNDIP lho, Universitas Padjajaran dan univ-univ lain yang belum memiliki FIA juga memasukkan  jurusan Administrasi Bisnis ke FISIP

( http://fia.ui.ac.id/profil-fakultas-ilmu-administrasi-ui/ bisa cek disini untuk jurusan di FIA UI ) ehehe

Terus kalau nggak ada FIA, kenapa masuk FISIP bukan FEB?

2. Bisnis Tidak Sama dengan Ekonomi

Jadi siapa disini yang masih ingat dengan hukum ekonomi? Yak! Meraih untung sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil-kecilnya. Singkatnya begitu, ekonomi mengajarkan kita untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya dengan modal kecil, baik modal materil mau pun tenaga. Maka disitulah FEB terdapat jurusan Manajemen, untuk me-manage keuangan agar seminimal mungkin, ada Akuntansi untuk mencatat keuangan agar mengetahui seberapa besar laba bersih, pun ada Ekonomi islam dan Ekonomi Pembangunan. Sedangkan, jika kita berbicara Bisnis, maka yang dibicarakan bukan hanya perihal untung dan modal. tetapi juga bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan, pun mengetahui keinginan konsumen dan kerjasama dengan berbagai bidang. Karena dalam hal bisnis, pencapaian utama yang ditargetkan adalah kepuasan konsumen. Sehingga harapannya konsumen tersebut dapat menjadi pelanggan. Namanya juga bisnis kan ya? Kegiatan jual beli secara berkelanjutan. Nah, disinilah ilmu-imu yang ada di FISIP yang kita butuhkan.

Ilmu sosial untuk menjalin hubungan dengan konsumen, kalau ilmu politiknya, emang untuk apa?

3. Bicara Bisnis, Bicara Relasi dan Regulasi

Dalam dunia bisnis, ada yang namanya relasi. Tempat bantu promosi, bantu modal, jadi pembeli, dan segudang manfaat lainnya! Percaya, salah satu kunci sukses bisnis selain berani dan tabah, adalah relasi. hehehe. Dan ilmu dalam mendapatkan serta mempertahankan relasilah yang di dapatkan di FISIP. Semester 1 ADBIS UNDIP belajar tentang bagaimana sikap, kriteria, perilaku dan cara memperilakukan manusia dalam mata kuliah Sosiologi, mata kuliah wajib mahasiswa FISIP. Di semester 3 pun kami mendapat mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.

Pajak, Ekxpor-Impor, Devisa, hingga kondisi politik pun di bahas di Administrasi Bisnis. Bahkan semester 1 pun kami belajar Pengantar Ilmu Politik. Lah? Kenapa? Ya karena kondisi politik sangat berpengaruh dengan urusan bisnis. Nggak sedikit bukan pebisnis yang akhirnya terjun ke dunia politik atau pun sebaliknya? Hehehe. Selain urusan dengan pemerintah, politik pun berkaitan dengan kondisi pasar dalam hal bisnis.

Ohh jadi gitu, dapat dua 2 ilmu dong kalau ADBIS masuk FISIP?

4. Belajar Menyeluruh

3! Mahasiswa Administrasi Bisnis dapat 3 ilmu sekaligus. Ekonomi, sosial, dan politik. Belajar Akuntansi, Bisnis Internasional, MSDM, sampai Sosiologi Industri. Nilai lebihnya masuk ke FISIP ya selain di kelas mendapat materi yang luas dari berbagai bidang yang berhubungan, diluar kelas pun teman-temannya beragam. Anak komunikasi yang jago periklanan, jurnalis dan public speaking, anak Hubungan Internasional yang paham perihal relasi dan regulasi luar negeri, sampai anak Pemerintahan yang mengerti kapan harus ada bisnis di politik haha. Jadi nggak bahas uang dan untung terus 😉

Mungkin kekurangannya adalah Administrasi Bisnis menjadi jurusan yang diambang batas. Fokus ekonomi banget nggak, fokus FISIP pun kalah dengan jurusan asli FISIP. hehehe

(lihat mata kuliah lengkap Administrasi Bisnis UNDIP di sini  )

Yas!

Itulah beberapa alasan kenapa ADBIS UNDIP masuk ke FISIP. Mohon maaf jika kurang memuaskan, tetapi semoga bermanfaat ❤

Ditunggu kakak di ADBIS UNDIP ya dedek! 😉

3 tanggapan untuk “Kenapa Administrasi Bisnis UNDIP Masuknya ke FISIP?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s