One Fine Day (Short Trip Jogja – Solo dengan KRL)

Say goodbye untuk prameks dan welcomee KRL!

Jujur, sampai prameks sudah tidak beroperasi lagi, saya bahkan belum pernah menaikinya. Maka kemarin, untuk merasakan histeria new vibes KRL Jogja-Solo, saya mencobanya!

KRL Jogja-Solo baru beroperasi sekitar awal Februari kemarin. Cukup merogoh kocek Rp8.000 untuk rute jauh dekat. Pembayaran pun bisa menggunakan e-money (e-toll) atau pun Link Aja. Namun karena kemarin saya baru pertama kali dan tidak memiliki e-money mau pun Link Aja, saya membeli kartu transaksi KRL. Harganya Rp30.000 dengan jumlah saldo didalamnya Rp10.000.

Jadwal keberangkatan KRL bisa diakses dilaman google, search saja “Jadwal KRL Jogja-Solo” maka muncullah banyak situs :D. Saya berangkat dari stasiun Yogyakarta pukul 11.55 dan turun di Stasiun Solo Balapan (sengaja ambil rute paling jauh). Waktu itu saya diarahkan untuk duduk di gerbong 5 agar nanti ketika turun stasiun lebih mudah. Berhubung saya berangkat disaat jam makan siang, maka kereta cukup sepi. Beberapa penumpang bahkan sama seperti saya, naik KRL hanya untuk mencoba dan berwisata hihi. Oya, untuk KRL Jogja-Solo tidak perlu menggunakan rapid test ya untuk naiknya.

Saya tiba di Solo sekitar pukul 13.00 lebih. Kemudian saya naik becak menuju Pasar Gede. Saya pikir Pasar Gede masih dipenuhi lampion-lampion bekas imlek, tetapi ternyata sudah tidak ada 😦 Di Pasar Gede saya sekadar muter-muter. Lalu saya berjalan ke arah Keraton dan Pasar Klewer. Foto foto sebentar lalu mencari es buah karena sudah haus setelah jalan jauh dan siang bolong :” Saya kemudian menemukan es buah di dalam gang kecil tetapi ramai pengunjung, “Es Buah Bunuh Diri” judul tokonya. Konon, dinamakan bunuh diri karena isi es buah yang sangat buaanyaak dan bikin “kelenger” hahah ada ada saja.

Selesai beristirahat dan minum es buah, saya naik grab car menuju stasiun lagi untuk kembali ke Jogja. Saya sempat berfoto disekitar koridor KRL yang lebih mirip dibilang MRT hihi. Minimalis, bagus, seperti di Jakarta 😀 Saya sempatkan solat ashar di stasiun, lalu kembali ke Jogja dengan KRL pukul 16.46. Perjalanan pulang bertepatan dengan jam pulang kantor, walhasil KRL sangat penuh, bahkan beberapa ada yang berdiri 😀 Benar-benar definisi KRL kalau kali ini haha

Pintu Masuk menuju Bagian KRL di Stasiun Balapan Solo

Yupp, itulah short trip saya naik KRL. Asyik, seruu, tapi kayanya cukup sekali aja karena jujur masih takut COVID-19 🙂 Saya sulit menemukan wisata di Solo :’ Terlebih tidak ada kendaraan kan xixi Tapi, tetappp seruuu. Yeay!